Di segmen MPV berkapasitas besar, Toyota kembali menancapkan cakarnya melalui sejumlah varian MPV yang dikenal dengan performa mesin tangguh. Adalah Toyota Hiace dan Hiace Commuter yang telah lama jadi idola sejak kehadirannya di tanah air pada tahun 1980an. Kala itu, Hiace pertama kalilah yang mengaspal di jalanan tanah air.

Dan sekarang setelah lebih dari 35 tahun, Hiace masih terus mendapatkan sambutan hangat dari pengguna kendaraan di Indonesia. Bukan tanpa alasan karena memang mobil Hiace besutan Toyota selalu bisa diandalkan. Dengan kabin yang berukuran luas dan berdesain menarik, Hiace mampu memuaskan penggunanya.

Begitu halnya untuk dapur pacunya yang juga dikenal tangguh untuk menempuh berbagai jenis medan termasuk yang sulit sekalipun. Kali ini, Anda akan diajak lebih jauh mengenali perbedaan Hiace dan Hiace Commuter yang keduanya sama-sama populer dan banyak digunakan. Pada segmen MPV, Hiace juga harus berkompetisi dengan MPV besutan pabrik lain seperti misalnya Isuzu Elf (baca mobil elf).

hiace

Perbedaan Hiace dan Hiace Commuter: Desain Eksterior

Menarik untuk mengulas perbedaan Hiace standar dan Hiace Commuter pada tampilan eksteriornya. Untuk seri terbaru yang diluncurkan pada tahun 2016 ini, Hiace menawarkan desain bodi eksterior yang lebih mentereng dibandingkan seri sebelumnya.

Pada dasarnya MPV ini mengusung konsep yang sama yakni sebagai mini bus dengan badan yang cukup bongsor. Bodi yang bongsor ini memungkinkan Hiace untuk mengangkut lebih banyak penumpang sehingga cocok jika Anda berencana untuk menambah armada jasa transportasi yang saat ini tengah Anda kelola.

Konsep MPV terlihat jelas dari tampilan eksterior Hiace yang mempunyai bodi memanjang hingga ke belakang. Pilihan warna netral yakni abu dengan aksen coklat muda membuat mobil ini terlihat sederhana namun tetap menawan.

Garis bodi yang memanjang hingga ke belakang menjadi alasan Hiace ini terlihat menarik. Selain itu, pada seri terbaru kali ini, Hiace menampilkan fitur terbarunya yakni pintu geser atau sliding door. Kehadiran pintu ini bukan saja memberikan penyegaran pada desain eksteriornya yang menjadi lebih mewah tetapi juga lebih fungsional. Pintu geser lebih mudah untuk dibuka dan ditutup.

Tidak terlalu berbeda, Hiace Commuter juga menawarkan konsep MPV yang sederhana namun tetap menarik. Mobil ini sangat cocok untuk digunakan sebagai mobil jasa transportasi dan perniagaan. Tampilan luar mobil ini jelas memperlihatkan kemewahan terlihat dari paduan grille dengan lampu utama dan fog lamp yang didesain sangat apik dimana keduanya menyatu dengan bumper.

Kedua lampu tersebut mampu memberikan cahaya yang maksimal sehingga sangat bermanfaat untuk menjamin keselamatan dan keamanan berkendara selama dalam perjalanan. Commuter juga menawarkan pintu geser untuk mempermudah akses penumpang menuju kabin bagian tengah dan belakang. Sedangkan di bagian belakang, Commuter dikemas dengan lampu rem belakang.

Perbedaan Hiace dan Hiace Commuter: Desain Interior

Kali ini, Hiace akan membawa Anda menuju ke bagian dalam kabin. Toyota juga memperhatikan bagian dalam kabin dengan seksama agar dapat memberikan fitur dan kenyamanan yang terbaik bagi penggunanya. Sebagai sebuah minibus, ukuran kabin Hiace tentu tidak seperti mobil biasa melainkan lebih luas dan juga panjang.

Dengan ukuran kabin sebesar itu, Hiace (baca mobil Hiace) mampu menampung hingga 16 penumpang dengan leluasa. Di bagian kabin depan, terdapat sebuah LCD monitor layar sentuh yang terkoneksi dengan fitur hiburan.

Terdapat juga fasilitas hiburan berupa DVD portable untuk menambah kenyamanan selama perjalanan. Di dalam kabin juga dilengkapi dengan lampu LED yang cukup menarik untuk menambah keceriaan selama perjalanan karena seakan-akan pengguna berada di ruang karaoke menyanyikan lagu-lagu favorit.

Di sisi lain, Hiace Commuter juga tidak kalah menarik dengan desain interior kabin yang modern dan elegan. Di bagian kemudi, Anda bisa melihat bagaimana longgarnya ruang kemudi yang tentu saja menambah kenyamanan.

Terdapat dasbor di bagian depan dengan desain yang ergonomis dan terkoneksi dengan berbagai pengaturan fitur di dalam kabin termasuk AC dan fitur hiburan. Dasbor tersebut juga dilengkapi dengan sebuah ruang glove box dengan ukuran cukup besar yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan multifungsi.

Beranjak ke bagian kabin belakang, sederetan jok penumpang terbuat dari material terbaik terlihat memenuhi kabin. Secara keseluruhan, mobil Hiace Commuter dapat menampung hingga 16 penumpang secara leluasa. Sistem pendingin ruangan terbaru mampu menjangkau hingga baris kursi paling belakang sehingga menjamin kenyamanan penumpang ketika berkendara.

Dengan adanya fitur hiburan yang lengkap termasuk karaoke, penumpang dijamin akan lebih terhibur. Kembali ke bagian kemudi, roda kemudi pada mobil ini telah dilengkapi dengan tilt steering yang menjamin kenyamanan bagi pengemudi untuk mengatur kemudi. Sehingga mobil dapat melaju dengan lancar dan tanpa hambatan.

Perbedaan Hiace dan Hiace Commuter: Performa Dapur Pacu

Selanjutnya, perbedaan Hiace dan Hiace Commuter juga terdapat pada spesifikasi dapur pacu yang disematkan. Untuk kali ini, Hiace seri terbaru tampil dengan mesin terbaru bernomor seri D-4D yang memiliki kapasitas 2.5 liter dan dilengkapi dengan teknologi DOHC, 16 katup dan 4 silinder segaris.

Spesifikasi mesin tersebut mampu menghasilkan daya maksimal hingga 102 PS dengan torsi maksimal sebesar 300 Nm. Tangki bahan bakar yang disematkan pada mobil ini dapat menampung bensin sejumlah maksimal 70 liter. Sedangkan sistem pengisian bahan bakar yang digunakan adalah sistem common rail sebagaimana halnya mesin berbahan bakar bensin di mobil yang lain.

Sistem suplai bahan bakar common rail dipilih bukan tanpa alasan melainkan karena mesin ini mampu membakar bahan bakar secara lebih efisien. Hal ini memungkinkan mobil untuk lebih irit bahan bakar.

Performa dapur pacu Hiace juga didukung dengan sistem suspensi yang jelas sudah teruji kualitasnya. Suspensi ini mampu meredam getaran sekaligus menopang berat mobil. Adalah tipe suspensi Duoble Wishbone yang disematkan pada bagian belakang mobil. Sedangkan sistem suspensi untuk bagian depan mobil adalah Leaf Spring Rigid Axle.

Sistem kaki-kaki pada Toyota Hiace juga patut diacungi jempol karena terkenal tangguh. Sama halnya dengan sistem pengereman tipe Ventilated Disc yang untuk bagian depan dan Leading Trailing Drum untuk bagian belakang. Kedua sistem pengereman tersebut juga sudah dilengkapi dengan sistem ABS untuk mengoptimalkan pengereman terutama pada keadaan darurat.

Tidak begitu berbeda, Hiace Commuter tampil dengan tipe mesin yang sama yakni D-4D commonrai. Yang membedakan adalah mesin COmmunter merupakan mesin diesel 2KD-FTV yang menggunakan bahan bakar solar.

Namun mesin ini juga telah mengantongi sertifikasi standar EURO-2 yang menjamin pengiritan bahan bakar. Mesin ini terbukti handal dan mampu memproduksi tenaga yang besar. Yang menarik adalah mesin ini minim suara dan getaran meskipun tenaga yang dihasilkannya tidak main-main. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Hiace Commuter jadi idola.

Nah, jika Anda ingin menyewa Hiace ketika tengah berkunjung ke Purwokerto, Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi rental mobil Hiace terpercaya yang juga menyediakan beragam moda transportasi lain termasuk bus (baca sewa bus). Dengan harga yang terjangkau, Anda akan puas dengan layanan dan kualitas armada yang tersedia.

Apakah anda berencana untuk pergi ke Yogyakarta? Pastikan menggunakan jasa rental mobil Jogja bila anda membutuhkan sarana transportasi selama anda berada di kota budaya ini.