Di tahun 2018, Toyota merilis salah satu serinya yaitu Agya. Facelift yang dilakukan pada Toyota Agya 1.2L G A/T cukup mendorong penjualannya lantaran mobil LCGC memiliki tampilan dan spesifikasi yang lebih baik. Dengan transmisi automatis, Agya menjadi banyak  dilirik oleh penggemar mobil keluarga yang menginginkan harga mobil murah dan nyaman.

oyota Agya 1.2 L G

Spesifikasi Toyota Agya 1.2L G A/T

Agya G automatic menggunakan mesin 1.2L NR dengan 4 silinder berkatup 16 DOHC dan menggunakan teknologi dual VVT-i. Nilai HP-nya sebesar 88 per 6000 RPm dengan nilai torsi maksimalnya 4200 RPm. Karena sudah difacelift, maka kapasitas silinder mesin Toyota Agya juga makin besar yakni 1197 cc.

 Fitur keselamatan Agya dinilai standar. Beberapa diantaranya adalah airbag yang hanya untuk penumpng depan, safety locks untuk penumpang balita, sistem rem yang berupa ABS di seri facelift terbarunya, dan juga crash sensor.

Interior dan Exterior Toyota Agya 1.2L G A/T (300)

  1. Eksterior

Agya seri G tampil sebagai MPV elegan. Dari bagian depannya, mobil ini memiliki grille dengan ukuran yang sangat besar. Grille bewarna hitam dengan desain garis-garis horisontal. DI bagian atas grille, ada sebuah krom horisontal yang tebal sehingga kontras dengan bagian grille-nya. Logo Toyota terletak di tengah-tengah krom tersebut. Posisi krom menjadi pemersatu dua lampu utama di kedua sisi.

Bagian depan, lampu Agya G automatic menggunakan lampu pryektor, namun sayangnya warna lampu masih kuning. Berbeda dengan lampu jauhnya yang berbentuk trapesium dengan warna pancarannya putih. Di bagian bawah lampu utama adalah lampu sein yang masih berasal dari bohlam. Agya G A/T juga memiliki lampu kabut berwarna kuning yang di sekelilingnya berupa aksen hitam.

Di bagian samping, Agya dibekali dengan baan tuton berdesain cutting 4 baut sehingga mirip seperti pemotong dalam blender. Ukuran bannya adalah 175 65/R14, bisa dikategorikan seimbang untuk ukuran Agya yang tidaklah besar di kelas MPV. Bagian spionnya memiliki lampu sein namun masih menggunakan bohlam. Di bodi mobil terdapat border krom yang letaknya di pintu bagian bawah dan memanjang hingga belakang.

  1. Interior

Kursi Agya cukup nyaman karena didesain untuk posisi duduk yang proporsional. Sayangnya, lapisan seat belum berupa kulit namun mudah dibersihkan jika kotor. Pengaturan kursi juga standar, yaitu bisa disesuaikan dengan ketinggian driver. Di samping kursi pengemudi, terdapat sebuah kunci untuk pembuka bagasi, sehingga bagasi tidak bisa langsung dibuka di bagian belakangnya.

Kemudi Agya memiliki kualitas untuk bantingan yang tegas, namun tidak memiliki cruise control. Di bagian belakang kemudi adalah sistem informasi kecepatan dan bensin yang memiliki warna latar kuning. Desain dashboard adalah plastik keras dengan warna utama hitam dan silver. Ciri khas yang Toyota tampilkan pada Agya adalah laci-laci yang dalam dan serbaguna.

Agya dapat menampung hingga lima orang penumpang di dalamnya. Meskipun mungil, Agya dikategorikan sebagai mobil LCGC yang cukup luas sehingga penumpang merasa nyaman di perjalanan. Setiap kursi sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman dan juga headrest. Sayangnya, headrest di Agya G A/T belum terpisah dengan bagian kursinya.

Di bagian pintu, Agya memiliki desain yang fungsional. Meskipun terbuat dari bahan plastik, bagian pintu terdapat cup holder dan pocket yang tersedia di ke-empat pintunya. Tiap pintu memiliki pengatur jendela. Sementara pengunci pintu terdapat di bagian pembuka pintu. Di bagian belakang, Agya memiliki bagasi yang cukup luas untuk menampung hingga 3 koper berukuran sedang.

Harga Toyota Agya 1.2L G A/T (50)

Agya seri G bertransmisi automatis dibanderol dengan harga Rp 152.250.000 sebagai harga on the road.  Sementara untuk mobil secondnya, harga dibanderol sekitar Rp. 110.000.000. Di kelas LCGC, Agya G termasuk golongan mobil dengan harga tinggi. Meski begitu, nama Toyota telah menjadi jaminan mutunya bahwa mobil ini mampu bersaing dengan baik.

 Penyegaran yang dilakukan Toyota Agya 1.2L G A/T cukup membawa perubahan yang signifikan pada mobil ini. Meskipun desain secara keseluruhannya tak memiliki perbedaan, tetapi kualitas eksterior, interior dan beragam fitur di dalamnya mampu membuktikan bahwa LCGC ini bukanlah mobil yang murahan. Untuk sewa Agya anda bisa mendapatkannya di berbagai persewaan mobil.

Jogja memang istimewa. Anda berencana liburan ke Jogja? Anda bisa mengandalkan sewa Innova Jogja untuk menjelajahi indahnya dan uniknya budaya dan alam dari Yogyakarta.